Arsip Kategori: Food

Resep + Tutorial Mousse Cocoa Van Houten

Welcome to my blog

Hay sobat blogger,gimana kabarnya, sepertinya disini sudah mulai masuk musim kemarau,karena kalau pagi itu dingin banget,tapi kalau siang panas banget,ibuku nyebutnya bediding,artinya musim kemarau tiba.

Panas kayak gini,cocoknya makan yang dingin melumerkan hati ya hehehe. Kali ini aku coba bikin makanan kekinian yang lagi hits, yaitu Mousse. Mousse ini katanya beda sama puding ya,mousse ini teksturnya hampir kayak spons gitu ya hehe,gembos gitu. Buat yang sudah ahli maafkan ya hehe. Oh iya ini aku bikinnya dari coklat bubuk,karena cokelat bubuk cenderung pahit,kalian bisa tambahkan gula,tapi aku cukup tambahkan susu saja.

MOUSSE COCOA VAN HOUTEN

Bahan:

1 bungkus Van Houten Cocoa powder

1 bungkus sachet susu bubuk

3 butir telur ayam (pisahkan kuning dan putihnya)

Caranya:

1. Masukkan Van Houten Cocoa powder dalam mangkuk lalu beri air hangat,aduk.

2. Masukkan kuning telur dalam campuran cokelat.

3. Mixer putih telur sampai sangat kaku

4. Campurkan sedikit demi sedikit dalam cokelat.

5. Tuang pada gelas kecil atau sedang,beri plastik dan masukkan dalam kulkas

6. Done

Mau tahu detil tutorialnya,silakan simak pada video berikut ya

Gimana,simple kan. Oke sekian dulu ya postinganku kali ini.

Salam

Resep Pempek Pistel/Pastel isi Bligo

Welcome to my blog

Hay blogger, gimana kabarnya di weekend ini, bikin kudapan yuk untuk weekend ini.
Aku suka banget sama pempek,karena menurutku makanan ini unik,kayak pentol/cilok tapi berkuah, nah kuahnya itu yang bikin enak banget perpaduan pedas manis asam sruuuuupp.

Aku punya saudara yang dari Palembang, waktu nikah menu andalannya ya tentu pempek, untuk lidah orang yang sudah biasa akan suka, tapi untuk lidah orang yang gak biasa pasti merasa aneh, dikira cireng lho hehehe. Pempek pistel/pastel ini aku pahami dari saudaraku,mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tahap, karena memang saya bukan orang Palembang, tapi karena saking sukanya pempek, saya buat sendiri biar gak beli terus hehehe hemat. Kali ini saya bikin pake bligo atau biasa disebut blonceng kalau disini.

RESEP PEMPEK PISTEL

Resep Isian
*1buah Bligo serut pakai serutan keju tapi besar
* 1bungkus Santan kental (saya pake kara)
* 6siung Bawang merah
* 4siung Bawang putih
* setengah genggam Ketumbar
* 1genggam Udang rebon (grago)
* secukupnya Merica

Resep Kulit Pempek
* 500gr Tepung Sagu
* 350gr Tepung Terigu
* Air panas
* 2 butir Telur
* Minyak goreng
* Garam secukupnya

Resep Cuko 
* 1/4 Gula Jawa
* secukupnya gula pasir
* secukupnya garam
* secukupnya cuka
* Asam jawa
* ulek bawang putih,udang rebon dan cabai

~ Cara Membuat ~
Isian

  1. Haluskan bawang merah,bawang putih,merica,ketumbar dan juga udang rebon.
  2. Tumis bumbu hingga harum dan layu, setelah itu masukkan irisan bligo dan tambahkan santan kental
  3. Masak sampai agak kering, sisihkan

Pempek

  1. Uleni tepung terigu dengan air panas, lalu tambahkan telur, minyak goreng dan tambahkan sedikit air lagi, lalu tambahkan tepung sagu, kalau tepung sagu sudah masuk,siap dibentuk
  2. Bentuk bulat pipih lalu isi dengan isian bligo dan bentuk pastel
  3. kukus selama 40 menit atau sampai matang

Saus Cuko

  1.  Masukkan bahan ulekan dalam panci berisi air,lalu tambahkan semua bahan
  2. Tunggu sampai mendidih dan matikan kompor lalu saring

Pempek siap dinikmati, aku bikin pempek ada yang aku goreng setelah dikukus, ada juga yang aku goreng langsung tanpa dikukus, ada juga setelah dikukus langsung aku makan hehehe.

pempek-pistel-isi-bligo-recipe-step-3-photo.jpg

pempek kukus

Jadi kalau bikin sendiri suka-suka kita ya penyajiannya 🙂

Sekian dulu ya postingan aku tentang resep pempek.

salam

 

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto (Day 11)

Welcome to my blog

Hay blogger.wah gak terasa kita sudah sampai dihari ke 11 untuk puasa dan challenge dari BPN. Tema hari ke 11 ini yaitu berhubungan sama panci,kok bisa,iya yang mau kita bahas ini panci serba guna,panci tekanan tinggi yaitu panci presto.

Kalau dengar kata panci presto apa yang kalian bayangkan? Kalau aku bayangin biasanya dipake untuk mempresto bandeng,tahu kan ya ikan bandeng itu durinya banyak banget,kecil-kecil pada seluruh tubuhnya. Banyak yang gak mau makan kalau gak dipresto tapi kalau dipresto lahap banget makannya sama nasi anget plus sambel kecap.

Tapi sekarang panci presto gak hanya buat bandeng ya,sekarang juga bisa buat ayam,ceker ayam,daging,kentang,kacang,bahkan lontong atau ketupat,nah sesuai tema kali ini, yaitu masak ketupat pakai panci presto. Sebelumnya aku mau kasi tahu kalau panci presto itu banyak jenisnya,dan juga ukurannya. Ada panci presto yang ukurannya 4liter,8liter dan ada juga yang 12 liter. Selain itu juga ada panci presto yang tutupnya kaca ini aku suka banget karena kita bisa lihat bahan yang kita masak,kalo yang keluaran dulu lebih ke butek jadi gak bisa lihat,selain itu juga bahannya terbuat dari teflon yang sangat bagus untuk bahan cepat matang,anti gores dan anti karat dan yang pasti mudah dibersihkan.

Cara kerja panci presto itu dengan mengandalkan tekanan uap yang tinggi sehingga mempercepat proses pematangan bahan. Jadi, setelah kita masukkan bahan jangan lupa ditutup dengan tutup yang dirancang sangat tidak akan bocor, setelah gagang tutup kita pertemukan dengan gagang panci maka akan berbunyi klik yaitu seperti magnet yang sudah melekat,jangan pernah buka panci saat sedang masak,jika bunyi dari katup dan berputar itu artinya bahan sudah mulai diproses masak,bunyinya sangat berisik yaitu seperti orang ngosek lantai kamar mandi hehe.


MEMASAK KETUPAT PADA PANCI PRESTO

1. Siapkan ketupat yang sudah diisi beras.

2. Taruh ketupat dalam panci presto,isi air jangan penuh melebih batas panci.

3. Mulai tutup panci dan tunggu berbunyi.

4. Masak kurang lebih 30 menit saja.kalau biasanya ibuku pakai panci biasa bisa sampai 5 jam,boros elpiji dan juga buang waktu ya. Tapi kalo pake panci presto semua jadi cepat.

5. Matikan kompor dan biarkan panci presto sampai benar-benar dingin lalu dibuka.

6. Selesai. Ketupat siap disajikan dengan opor atau kare.

Waw gimana,lebih cepat kan masak pakai panci presto, cocok buat kita yang sibuk. Tapi,tiap merk presto beda cara kerjanya,jadi pilihlah panci presto yang berkualitas bagus.

salam.

Resep Buka Puasa SKIPPY (Day 3)

Welcome to my blog

Hay blogger, tema hari ke 3 ini harus pakai selai Skippy, waw yummy donk ya, aku suka Skippy yang original, yang selai kacangnya lembut banget, tapi kali ini aku pilih skippy yang ada butiran kacangnya yaitu Skippy Chunky, kenapa aku pilih yang ada butiran kacangnya? karena aku mau bikinnya lain dari biasanya jadi kalau dimakan tuh ada krenyes-krenyesnya, aku bikin apa sih, sebelum aku bahas, yuk disimak apa saja tema hari ke 3 ini.

1. Resep Kue Kering SKIPPY
2. Resep Buka Puasa SKIPPY
3. Menu Buka Puasa SKIPPY
4. Menu Sahur SKIPPY
5. Resep Kue Nastar SKIPPY

Nah, aku mau cerita dulu,kenapa aku gak pilih resep kue kering dan juga nastar? pengennya itu, tapi karena bikin 2 jajanan lebaran tersebut bikinnya pertengahan bulan atau minggu terakhir puasa,jadi aku gak pilih dhe sedangkan resep pakai SKIPPY hari ke 3. Kalau menu sahur kurang cocok soalnya aku gak suka sahur makan manis-manis, akhirnya aku pilih yang no 2 yaitu Resep Buka Puasa SKIPPY. Dan, aku bikin Resep Crackers Kabin Selai SKIPPY, jajanan ini biasanya bisa kita jumpai di pasar atau penjual jajanan basah,kadang ada yang jual dengan diiris segitiga,ada juga yang isinya pakai wortel seperti isi pastel tapi lebih thick, nah gimana kalau aku buatnya dengan isi Skippy Peanut Butter. Happy scroll ya buat tahu resepnya.

RESEP CRACKERS KABIN SELAI SKIPPY

Bahan :

skippy.jpg

Masukkan keterangan

skippy1.jpg
Selai SKIPPY Peanut Chunky
Crackers Kabin 1 slop (1 bungkus isi 2 slop)
Telur ayam 2 butir
Tepung roti/panir

Cara Membuat :
1. Kocok telur sisihkan
2. Oles crackers kabin dengan selai SKIPPY Peanut Chunky
3. Tumpuk atasnya dengan crackers kabin lagi
4. Masukkan dalam kocokan telur
5. Gulingkan pada tepung roti
6. Jika mau lebih tebal bisa masukkan lagi ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung roti,tapi jika ingin biasa atau tipis bisa 1x saja prosesnya.
7. Goreng crackers kabin pada minyak panas
8. Sajikan,bisa ditambah parutan keju atau tidak. Selesai.skippy3.jpg

Kalau mau lebih jelasnya, bisa cek di video tutorial berikut ya.

Gimana, mudahkan, bahkan kita bisa memanfaatkan bahan sederhana sekali dengan selai SKIPPY,karena SKIPPY mudah diaplikasikan dan disandingkan dengan makanan modern ataupun tradisional. Moga buat yang bosen sama crackers kabin yang itu-itu saja bisa dicoba ya resepnya.
Terimakasih ya sudah mampir baca. Buat yang belum ikutan challenge

Salam.

 

Tempat Buka Puasa Favorit (Day 2)

Welcome to my blog

Hay para bloggers, tempat buka puasa favorit kalian dimana? kalo di Surabaya Sidoarjo sih banyak. Tapi kalau aku lebih suka dirumah, karena rumah adalah surga kita hehe, dirumah kita bisa berkekspresi apa saja,bereksperimen apa saja dan yang pasti gak ada biaya charge hehee.
Kalau uda masuk bulan Ramadhan seperti ini, wah banyak banget lho tempat makan yang menawarkan diskon,atau free takjil,atau mungkin reward lainnya. Bahkan ada tempat makan yang aku lihat jauh hari sudah memasang banner yang tulisannya itu untuk reservasi buka puasa. Yaa benar banget,kalau Ramadhan seperti ini sudah pasti teman masa sekolah SMP,SMA atau kuliah yang sudah merencanakan bukber atau buka bersama, nah jadilah para pemilik resto membuat reservasi dadakan dan juga free produk misal. Eh iya malah sebelum puasa seminggu, banyak resto baru yang sudah selesai dibangun.

Karena memang kalau kita gak pesan tempat jauh hari, pasti penuh semua itu tempat makan, dan untungnya aku bukan tipe orang yang suka makan diresto,aku lebih suka dikaki lima, kalau misal memang kebetulan ada acara atau pergi,itupun pasti penuh juga,yang ada kita malah gak segera buka puasa, karena kan diharuskan segera membatalkan puasa saat terdengar adzan.
Apa aja sih tempat buka puasa favoritku, cek yuk :

  1. Rumah
    Dirumah kita bisa dengan santai berbuka puasa,tidak tergesa-gesa atau bingung. Karena dirumah sudah terencana semua, bahkan kita masak sendiri dengan resep andalan.
  2. Toko Retail (minimarket)
    Toko yang selalu berdampingan dengan kompetitornya ini menjadi langgananku saat aku gak bisa sampai rumah sebelum adzan maghrib,ataupun saat dimanapun, karena menurutku tempat seperti ini lebih cepat,kita tinggal beli air mineral dan roti, nanti kalau sudah, pasti jalan mulai sepi,baru aku bisa cari makan yang lebih kenyang hehehee.
  3. dpayung cafe
    Karena konsepnya cafe ini kekinian, kita bisa datang kesini sebelum adzan tentunya dan kita pesan makan dan minum, jadi kalau adzan uda datang,makanan bisa diantar. Disini ada menu Korean food yang best seller. Tempatnya nyaman,kita bisa HOTD,OOTD sebelum makanan datang :).
  4. Rawon Pak Waras Pasar Kangpilang
    Ini warung makan yang berada di Pasar Karangpilang Surabaya, disini gak hanya rawon,tapi juga nasi campur,dan yang paling best seller itu rica asli Manado bukan seperti yang dijual orang kebanyakan.
    peta warung Pak Waras
  5. Pujasera Giant Waru | Aku suka ke Giant Waru soalnya dekat rumah dan menunya banyak banget,aku suka beli di Dug Dug pilih nasi goreng sambal matah. Selain itu aku juga suka melipir ke Ichiro,yang paling aku suka itu si sushi volcanonya hmm yummy banget.
  6. Depot Lezat Gayungsari | Disini spesial makanan Arab,Timur Tengah,aku paling suka itu nasi kebuli kambing,rasanya enak banget dan super empuk kayak di IG @Burak. Selain itu ada nasi Mandhi,Kabsha,roti Maryam,duh banyak lainnya.

Aku suka mukbang,kulineran tapi bukan ditempat yang resto gitu hehe,kalau ada dana lebih bisalah,tapi aku suka yang dipinggir jalan. Yang puasa jangan batal ya bacanya .

salam.

 

 

Resep Sambel Teri

Welcome to my blog

Hay,kali ini aku mau share resep sambel teri, disini aku kasi tips ya,kenapa terinya dikasi air panas? soalnya biar terinya itu mengembang dan jadi lebih lunak, bisa juga digoreng langsung tapi pasti nanti jadinya lebih keras, jadi saya sering bikinnya seperti ini ya. Teri direndam air panas,sebentar saja gak perlu lama,lalu dibuang airnya,cuci bersih,goreng.

Aku kalo masak itu gak pernah pake ukuran pasti seperti beratnya berapa,soalnya kadang suka-suka saya wkwkwk, tapi kalo bumbunya sudah pasti lengkap ya.

Suamiku jarang makan sambel teri,biasanya cuma beli sebelum nikah, tapi sekarang sudah jadi suamiku,ya aku masakin donk ya hehe. Memang masakan istri yang paling enak katanya cie..cie..cieeee.. Langsung aja yuk resepnya

BAHAN

  • 3 bungkus teri ukuran sedang (makin kecil lebih baik)
  • Tomat kira-kira saja 3-4buah
  • cabai merah besar bisa 6-8 tergantung selera
  • cabai kecil sesuai selera pengen pedas atau ndak
  • bawang merah 6biji
  • bawang putih 3-4 biji
  • terasi
  • gula
  • garam

Caranya

  1. Rendam teri dalam air panas,sebentar saja,buang air dan goreng,sisihkan
  2. rebus tomat,cabai kecil,cabai besar,bawang merah,bawang putih
  3. lalu ulek tambah terasi,gula,garam
  4. tumis bumbu,tambahkan air,lalu masukkan teri
  5. selesai
  6. bisa ditambah pete kalo suka

Nah,mudah kan bunda, pakai nasi anget duh bikin nambah lagi. Trims ya uda baca

salam


Find me on

IG @tulipakasia

YT channel Tulip Akasia

cookpad

Resep Srawut Singkong

Welcome to my blog

Hay para bunda, di blog aku ini isinya campuran ya, terserah aku isinya hahaha,suka-suka aku gitu, pengennya kayak yang lain 1 tema gitu, tapi huh gak bisa, aku belum sanggup punya 2 blog atau instagram yang khusus makanan gitu,pengen sih tapi takut malah gak keurus malah eman kan. Yaa jadilah saya seperti ini adanya. Mungkin saya bukanlah blogger yang sempurna hehehe.

Yuks bunda ini aku bagi resep serawut singkong,kalau ditempat bunda namanya apa ya, pasti punya nama yang beda-beda ya. Jadi ceritanya itu bosen kalo makan singkong cuma dikukus atau dikolak, ujung-ujungnya gak dimakan lagi,bosen,kan sayang. Akhirnya bikin serawut,dan kayaknya mertuaku gak yakin kalo aku bisa bikin hehe.

IMG_20190222_195033

warnanya alami 

 

Bahan:

  • Singkong 1kg
  • Gula merah sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera (aku gak pake)
  • Garam sejumput
  • Pewarna makanan sesuai selera (aku gak pake)

Caranya :

  1.  Kupas singkong,cuci,lalu parut pake parutan keju atau parutan rujak buah
  2. Campurkan gula,garam.
  3. Kukus dalam kukusan/dandang 30 menit (aku pake cetakan agar-agar)
  4. Sajikan dengan kelapa parut
IMG_20190222_195341.jpg

ini warna singkongnya sudah kuning


Resep juga sudah up di Cookpad.com

Salam