Kupang-Jelajah makanan Sidoarjo

ImageKupang merupakan sejenis kerang kecil yang hidup dilumpur air asin, bentuknya mirip dengan kerang, tetapi ukurannya lebih kecil, diameternya sekitar 4cm, warna tubuhnya kelabu.

Kupang hidup menempel pada tumbuhan air yang bersifat tenang. Oleh para nelayan, kupang ditangkap dengan alat yang sederhana, yaitu dengan menyabit rerumputan air yang banyak dihuni kupang.

Setelah kupang telah didapat maka kupang dpisahkan dari cangkangnya dengan cara merebus. Setelah direbus maka isi kerang kecil ini akan keluar, dan terpisah dari cangkangnya.

Di Jawa Timur penangkapan kupang ini bisa ditemui didaerah pesisir utara antara lain di pantai Sidoarjo, dan Pasuruan. Cara memasak kupang juga sangat mudah, hanya dicuci bersih, direbus dengan air sampai matang. Masyarakat Jawa Timur lebih akrab menyebut kuliner ini dengan kupang lontong

Kupang lontong disajikan dengan kuah, dan bumbu yang digunakan berupa: bawang putih yang diiris tipis-tipis (digoreng), cabe, dan petis (terbuat dari udang yang dihaluskan),kemudian digerus dengan sendok diatas piring yang akan disajikan. Sesudah digerus akan diencerkan dengan membubuhi sedikit kuah rebusan kupang, di tambahkan irisan lontong diatasnya kemudian ditambah dengan lentho (campuran singkong parut, kacang dele, kelapa parut, dan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, gula).

Kupang yang sudah direbus matang selanjutnya disiramkan diatasnya beserta kuahnya, terakhir ditaburi dengan bawang goreng. Kupang ini akan lebih lengkap apabila disantap dengan sate kerang, dan untuk pelengkapnya kerupuk kupang

Ada beberapa orang yang alergi  kupang lontong,untuk menetralisirnya dengan minum es kelapa muda (degan). Di Jawa Timur banyak kita temukan penjual kupang dengan cara disuwun (ditaruh di atas kepala).

Di Sidoarjo tepatnya di kawasan Pujasera Gedangan terdapat khusus tempat makan kupang, wisata kupang tepatnya,karena semua pedagang yang ada hanya menjual Lontong Kupang.

Kandungan Gizi dalam kupang :

Kadar air 75,70%, kadar abu 3,09%, protein 10,85%, lemak 2,68%, dan karbohidarat 1,02%.

Kandungan Gizi Lontong per buah :

energi 237,3 kkal, protein  2,8 g, lemak 0,1 g, karbohidrat 54,1 g, kalsium 6,7 mg,fosfor 29,3 mg, besi 0,7 mg, dan seng 0,8 mg. 

Jadi 1 porsi sudah lengkap,selain bisa makan enak,gizinya juga cukup ditambah segarnya es kelapa muda (degan).

 

http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi/

Jelajah Gizi

Facts of Mr.Glitz

Prestasi Anak-Anak GLITZ

♠ Tandy Glitz

50Besar AFI Junior 2004 (Barengan Alika “Princess”)

• Juara Harapan 1 Adzan Tgkt Kota DEPOK thn 2004

• Juara 1 Lomba Nyanyi ITC Cempaka Mas Jakarta thn 2004

• Juara 2 TOP Idol thn 2004

• Juara 2 Lomba Nyanyi ITC Cempaka Mas Jakarta thn 2005

• Juara 3 Lomba Nyanyi tingkat SMA Se-Depok di SMA CAKRABUANA

• Juara 1 PASKIBRAKA tgkt Kota DEPOK thn 2007

• Juara 3 Lomba Nyanyi CARDINAL thn 2010

• Juara 2 dan 3 Competition Audition Game Online thn 2010

♠ EmTi Glitz

• Juara 2 Choir Se-Jakarta

• Juara 2 lomba Menggambar (SD)

• Finallist Mr dan Miss President University thn 2010

♠ Christian Glitz

• Juara 3 Lomba Nyanyi thn 2004

• Juara 2 Lomba Nyanyi thn 2009

♠ Tivan Glitz

• Juara 1 ( Aktor Terbaik )Bintang Tionghoa Indonesia tingkat Nasional 2007

♠ Rendy Glitz

• Juara 1 Nasyid tgkt SMP SMA dan Umum Se-Bogor Barat thn 2009

• Juara 3 Nasyid tgkt SMP SMA dan Umum Se-Bogor Barat thn 2008

• Juara 2 Lomba Cerdas Cermat tgkt SMA Se-Bogor Barat thn 2009

• Juara 1 Lomba Cerdas Cermat antar kelas thn 2008

• Juara 1 Lomba Cerdas Cermat antar kelas thn 2009

• Juara 2 Lomba Baris-berbnaris antar Sekolah thn 2009

MR.Glitz 

Awal mulanya berdiri pada bulan November 2011,, niat awalnya membentuk boyband karena ingin mengikuti ajang pencarian bakat disalah satu stasiun tv swasta nasional (yang hadiahnya training selama 6bulan dikorea itu tuh,, hehe).. Namun karna dirasa para personel Mr.Glitz memiliki kemampuan lebih akhirnya mereka memutuskan untuk langsung membuat single berjudul “Be With You” yang akan menjadi lagu pertama mereka..

Meskipun berdiri sejak November 2011,, Mr.Glitz memutuskan tanggal 5 Februari 2012 jadi hari resmi nya mereka.. hehe.. Alasannya karna pada hari itu mereka semua merasa lebih dekat 1 sama lain dan hari itu juga mereka merampungkan single pertama mereka..

Ohh iyyaa,, soal pemilihan nama Mr.Glitz itu sendiri, mereka mengambil sebuah kata yaitu Glitzernd dimana dalam bahasa jerman artinya bersinar.. Dan Mr.Glitz berharap kehadiran mereka ber-5 mampu membuat masyarakat senang dan karier mereka akan selalu bersinar.. hehe (bilang amiinnn dong,, aammmiiinnnnn) yaa kaya Shinee BoyBand korea itu. Hehe

♥ Fakta tentang para member ♥

• Mr.Glitz biasa latihan dance di Gym Center daerah Serpong Tangerang

• Kosan Tivan biasa jadi base camp (sementara) anak Glitz

• Anak-anak Glitz takut matahari (takut hitam maksudnya,, hehe)

• Sweater dan Jaket jd atribut resmi mereka kalau keluar disiang hari

• Disela-sela latian dance,, EmTi dan Tian suka cover dance DILEMA ChiBi untuk usir rasa bosan

• Tandy dan Tivan sama-sama dari Pontianak KalBar,, tapi kalau Tandy sudah dari kecil hijrah ke Jakarta sedangkan Tivan baru beberapa bulan aja..

• Tandy dan EmTi suka banget bandingin warna kulit mereka sama orang lain (eittss,, syarat nya orangnya harus lebih hitam dari mereka,, ckckckckk)

• Tandy dan Tivan biasa nyari inspirasi (lagu atau gerakan dance) ditaman

• Tandy Rendy dan Tian seneng banget meragain iklan-iklan di tv (apalagi kalo pas cuci muka bareng,, mereka meragain iklan pembersih muka)

• Kalau Tandy & Tivan pingin sedikit nurunin berat badan,, Emti & Rendy malah kepingin naikin berat badan.. huhu

• Tian dan Tandy paling seneng mengkhayal sebelum tidur

• Tandy dan Tivan suka nyanyi ( sampe teriak-teriak) sebelum tidur dan kalau mandi bersebelahan..

• Tandy dan Rendy udah kenal dr SD,, jadi udah kenal karakter masing-masing.

Nahhh,, itu sedikit tentang fakta bersama para member,, nanti ada juga fakta seru mereka masing-masing.. huhu

Tandy’s Fact

Tandy itu :

• Suka banget tidur dan makan (tapi Tivan tetep no.1 kalo masalah makan, hehe)

• Masih labil banget

• Maniak GO (Game Onlie terutama Audition Online AyoDance) waktu SMP sampe- sampe tiap malem maen GO (biasanya ngajak rendy)

• Punya obsesi jadi Pramugara

• Pernah gabung di Boys Generation (BoGe yg biasa Cover Dance SNSD) jadi sedikit banyak tandy hafal gerkana SNSD. Hehe

• Pernah pelihara kura-kura,, dan Tandy pernah ga kasih makan kura-kuranya selama sebulan.. huhu.. Untungnya masih hidup tuh kura-kura.

• Mood Maker,, Tandy paling bisa ubah situasi yang monoton atau membosankan jadi lebih seruu.

• Paling suka Bakpao, Siomay dan Rujak Bebek (dibaca rujak beubeuk,, hehe)

• Paling jago niruin (suara gaya dll) orang lain

• Suka BBM-an,, SMS-an bahkan Telpon-an saat dia pup.. (OMG)

• Susah banget buat hemat (alias boros) alhasil dia suka kelimpungan kalau ga punya uang. Haha

• Kalau lagi kesel,, nafsu makan ilang dan sendok pun bisa bengkok (Tivan dan Rendy pernah liat tandy bengkokkan sendok)

• Tandy tuhh jago banget nyinden..

Emti’s Fact

EmTi itu :

• Suka Sushi, Spagheti dan Pizza

• Suka hangout ke Mall tapi ga belanja,, Cuma lihat-lihat doang.. haha

• Dulu suka warna Abu-abu,, sekarang Ungu dan besok Biru.

• EmTi kuliah di President University, ambil jurusan Public Relations dan Emti ini Juniornya Cherly ChiBi..

• Kalo mandi suka nyanyi sambil teriak-teriak.

• Kagum sama Agnes Monica, Afgan, CherryBelle (dan masih banyak,, cape dehh kalo ditulis semua,, hehe)

• Iseng banget,, suka ambil gambar (foto) roommate-nya yg lagi pup.. (OMG)

• Suka tidur dimanapun dan kapanpun..

• Gak suka nonton pertandingan sepak bola.

• Pengen jadi artis..

• Kalo mandi lama banget..

• Kadang suka telmi atau lemot..

• Suka bandingin warna kulit sama orang lain (tapi orangnya harus lebih hitam,, itu syarat mutlaknya,, hehe)

• Kalau lagi galau,, suka dance DILEMA ChiBi

• Suka ngupil kalo lagi BeTe

• Biasanya disaat EmTi makan enak temen (room mate-nya) makan seadanya.. begitupun sebaliknya..

Tian’s Fact

Tian itu :

• Suka nyanyi,, dance dan renang

• Suka sama personel SNSD dan CherryBelle

• Suka makan kebab,, fettucine dan bayam..

• Susah bangun tidur..

• Suka sama benda yang colourfull..

• Pernah direbutin 7 cewek..

• Suka kartun Domo,, Shaun the Sheap dan Ninja Hattori..

• Suka coklat dan angka 8

• Gak suka berbaur dikeramaian..

• Anak kesayangan orangtua (haha,, tian kan anak tunggal yaa jelaslah..)

• Pernah lagi nyanyi,, nyamuk masuk ke tenggorokan dan untungnya bisa dikeluarin tuh nyamuk..

• Pernah juara nyanyi tapi ga mau naik ke atas panggung soalnya MC manggil tian “Ananda Christian”,, Tian ga tau “ananda” itu kata sandang

Tivan’s Fact

Tivan itu :

• Suka banget makan tapi takut gendut (lhoo ??)

• Kalau gugup suka gigit jari..

• Kalau mandi suka nyanyi sampe teriak-teriak.

• Kalau bawa motor,, kecepatannya ga lebih dari 50km/Jam

• Kalau ngomong suka gak sesuai topic..

• Paling takut sama truck (mobil trek) dan ular

• Suka makan apa aja,, tapi paling suka sama telur..

• Sebelum tidur harus ritual dulu,, yaitu nyanyi lagu yang sulit (tekhnik yg sulit contoh lagu : Listen, Note to God dll) dan duet sama tandy..

• Gak bisa tidur kalau AC kamarnya belum 16 derajat (itu minimal,, bisa lebih rendah lagi suhunya,, dan biasanya tandy rendy suka menggigil kalau lagi nginep, haha)

• Suka kucing dan suka warna biru..

• Pernah liat penampakan waktu latihan dance berdua dengan tandy ditaman..(tandy juga lihat)

• Gak pernah pake Facial Foam,, kalau bersihin muka cuma dilap pake kapas + air

• Gak suka sama orang jorok

• Jago banget seriosa-nya..

Rendy’s Fact

Rendy itu :

• Suka mendramatisir (dibaca : melebaykan) keadaan

• Suka tahu cina dan sayuran rebus..

• Suka speech-speech ga jelas,, karena obsesi jadi Duta Bangsa..

• Suka lama banget berkaca Cuma buat latihan senyum dan ekspresi wajah..

• Pernah nangis waktu kucingnya mati ketabrak mobil..

• Pernah nyusruk (dibaca: sengaja menyusrukan diri) ke semak-semak supaya gak tabrakan sama mobil,, dan sejak saat itu dia ga mau bawa motor lagi (trauma),, haha

• Pernah jadi penari tradisonal untuk mengiringi Bupati dalam kunjungan ke sekolahnya..

• Pernah terpilih jadi wakil sekolah di Olimpiade Sains tingkat Kabupaten,, tapi batal karna telat daftar..

• Pernah masuk kelas TataBoga waktu SMP,, dan sejak saat itu dia jadi suka masak,, tapi dia ga mau makan masakannya kalau ga enak,, hahaha

• Paling sayang banget sama adiknya yang paling kecil,, katanya adiknya itu anak paling lucu..

• Sampe sekarang masih nyesel karna gak bias ketemu untuk terakhir kalinya sama sahabatnya.. padahal sahabatnya itu pengen banget ketemu..

• Sehari bisa tidur lebih dari 12jam,, dan kadang cuma 2jam..

• Suka kumpulin bon, struk, tiket, kwitansi, brosur, (dll) tapi ga tau buat apa. Haha

• Pernah punya 8 kucing peliharaan..

Trims,kau jadi Imam sholatku

Siang itu hari kamis tanggal 3 Maret 2011. Senang, tenang dan damainya hati ini, saat dia menjadi imam saat solat dhuhur…. Ya Rabb rasanya aku tak ingin pisah darinya… andaikan saja tiap solat dia menjadi imamku…. sampai detik ini, hal itu sangat mengena di hatiku, aku terkagum,tertegun dan terpesona dengannya, aku rasa tak percaya dengan apa yang telah ku alami……. aku ingin suatu saat kan lagi

Terimakasih ya, kau telah mau menjadi imamku….

Alarm Hidupmu

Aku lebih baik menjadi alarm hidupmu

Aku tak perlu minta balasan cinta darimu,

Karena dengan menjadi alarm,

Aku akan lebih sangat berharga…..

Menjadi alarm hidupmu,

Aku tak akan mengganggu waktumu

Aku akan menjadi pengingatmu saat kau terlelap dan terjatuh

Alarm hidupmu….

Akan selalu ikut kemana pun kau pergi……

Jangan pernah kau bosan dengan alarm hidupmu….

Jangan kau sakiti alarm hidupmu,

Alarm hidupmu akan rusak dengan

Seiring berjalannya waktu….

Tanpa kau harus merusaknya…..