Resep Pempek Pistel/Pastel isi Bligo

Welcome to my blog

Hay blogger, gimana kabarnya di weekend ini, bikin kudapan yuk untuk weekend ini.
Aku suka banget sama pempek,karena menurutku makanan ini unik,kayak pentol/cilok tapi berkuah, nah kuahnya itu yang bikin enak banget perpaduan pedas manis asam sruuuuupp.

Aku punya saudara yang dari Palembang, waktu nikah menu andalannya ya tentu pempek, untuk lidah orang yang sudah biasa akan suka, tapi untuk lidah orang yang gak biasa pasti merasa aneh, dikira cireng lho hehehe. Pempek pistel/pastel ini aku pahami dari saudaraku,mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tahap, karena memang saya bukan orang Palembang, tapi karena saking sukanya pempek, saya buat sendiri biar gak beli terus hehehe hemat. Kali ini saya bikin pake bligo atau biasa disebut blonceng kalau disini.

RESEP PEMPEK PISTEL

Resep Isian
*1buah Bligo serut pakai serutan keju tapi besar
* 1bungkus Santan kental (saya pake kara)
* 6siung Bawang merah
* 4siung Bawang putih
* setengah genggam Ketumbar
* 1genggam Udang rebon (grago)
* secukupnya Merica

Resep Kulit Pempek
* 500gr Tepung Sagu
* 350gr Tepung Terigu
* Air panas
* 2 butir Telur
* Minyak goreng
* Garam secukupnya

Resep Cuko 
* 1/4 Gula Jawa
* secukupnya gula pasir
* secukupnya garam
* secukupnya cuka
* Asam jawa
* ulek bawang putih,udang rebon dan cabai

~ Cara Membuat ~
Isian

  1. Haluskan bawang merah,bawang putih,merica,ketumbar dan juga udang rebon.
  2. Tumis bumbu hingga harum dan layu, setelah itu masukkan irisan bligo dan tambahkan santan kental
  3. Masak sampai agak kering, sisihkan

Pempek

  1. Uleni tepung terigu dengan air panas, lalu tambahkan telur, minyak goreng dan tambahkan sedikit air lagi, lalu tambahkan tepung sagu, kalau tepung sagu sudah masuk,siap dibentuk
  2. Bentuk bulat pipih lalu isi dengan isian bligo dan bentuk pastel
  3. kukus selama 40 menit atau sampai matang

Saus Cuko

  1.  Masukkan bahan ulekan dalam panci berisi air,lalu tambahkan semua bahan
  2. Tunggu sampai mendidih dan matikan kompor lalu saring

Pempek siap dinikmati, aku bikin pempek ada yang aku goreng setelah dikukus, ada juga yang aku goreng langsung tanpa dikukus, ada juga setelah dikukus langsung aku makan hehehe.

pempek-pistel-isi-bligo-recipe-step-3-photo.jpg

pempek kukus

Jadi kalau bikin sendiri suka-suka kita ya penyajiannya 🙂

Sekian dulu ya postingan aku tentang resep pempek.

salam

 

2 thoughts on “Resep Pempek Pistel/Pastel isi Bligo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s