Resep Opor Ayam (Day 5)

Welcome to my blog

Hay blogger, kemarin sudah bahas resep ya, sekarang aku mau share resep lagi ini.
Pada hari ke 5 ini, temanya ada 3 yatu

  • Nasi Goreng
  • Resep opor ayam
  • Cara membuat cilok

Kalo dari ketiga ini, yaitu cilok, apa kayak cireng ya, aku kurang paham juga, aku pernah bikin cireng tapi meletup-letup minyak gorengnya, ternyata caranya itu kita bisa goreng pakai minyak dingin,lanjut minyak goreng panas,gitu jadi gak meletup-letup.
Tapi, sampai sekarang belum pernah buat yang benar.
Aku bakal share resep opor ayam, opor ayam itu ada yang gak suka soalnya pucat, tapi meskipun pucat rasa bumbunya terasa kok. tapi maaf ya,yang difoto itu request mertua minta ayamnya goreng,dikasi Lombok dan kuahnya agak banyak,tapi kalau resepnya sama sih. Yuk kita simak.

RESEP OPOR AYAM

IMG_20190510_113841.jpg

Ini tadi request mertua,minta ayamnya digoreng,dikasi Lombok dan kuahnya agak banyak,kalo aku gak gitu

Bahan :
* Ayam potong-potong
* Sereh memarkan
* Daun Jeruk purut,daun salam

*Santan

* Garam
* Gula
* Penyedap rasa

Bumbu :
Bumbunya aku ulek lebih sedep
* Bawang merah
* Bawang putih
* Ketumbar
* Kemiri
* Jahe

Cara memasak :
Panaskan wajan yang berisi minyak goreng
Tumis bumbu yang diulek, masukkan sereh,daun jeruk sampai bumbu seperti butir-butir
Masukkan santan, beri bumbu garam,gula,penyedap rasa,
Masukkan ayam,biarkan sampai meresap dan kuah menjadi asat.
Selesai, sajikan dengan taburan bawang goreng waw yummy.

Gimana, mudahkan bikin opor ayam, kalau untuk Idul Fitri bisa kita sajikan dengan lontong,ketupat atau nasi, disandingkan dengan sate juga enak kok.


Aku mau kasi resep tambahan, yaitu Nasi Goreng ala aku, nasi gorengnya gak merah ya, tapi kuning, aku suka seperti itu daripada merah.

NASI GORENG KUNYIT

Bahan :
Nasi putih matang
Telur
Cabai merah
Cabai rawit
Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Gula
Garam
Penyedap rasa

Caranya :
Ulek semua bumbu.
Goreng telur orak arik
lalu tumis bumbu yang sudah diulek, setelah itu kita bisa memasukkan nasi pada wajan, tambahkan gula,garam,penyedap rasa, masak dengan api kecil, koreksi rasa,selesai.
Bisa ditambah sosis,kornet atau lainnya sesuai selera.

Semoga kedua resep yang aku bagikan bisa menginspirari untuk  yang suka opor dan nasi goreng, nasi goreng ini bisa juga untuk si kecil, dengan tidak menambahkan cabai rawit. ^^
Sekian dulu ya resep dari aku.

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s