Resep Sayur Asem (Day 4)

Welcome to my blog

Assalamu’alaikum, hay para bloggers. Wah sudah hari ke 4 ini, dihari ke 4 ini temanya resep sayur. Ada beberapa pilihan resep

  • Resep Soto Ayam
  • Resep Sayur Asem
  • Resep Sayur Lodeh
  • Resep Soto Betawi

Mana sih yang aku pilih? aku pilih Resep Sayur Asem, kenapa? karena dari ke 4 resep tersebut yang bikin seger dan cocok untuk buka puasa atau sahur yaitu sayur asem, yaa karena sayur asem punya detil kuah yang menyegarkan kuahnya tidak bersantan ditambah dengan sayurnya.

Aku bisa semua kok resepnya, kecuali soto Betawi hehe,belum pernah makan soalnya, daripada salah aku bisa sedih.
Kalau menurutku pribadi,kalau puasa itu kurang nyaman kalau kita makan yang bersantan dan berminyak khususnya kalau sahur, soto memang tidak bersantan tapi banyak minyaknya,jadi gampang bikin haus.

Sayur lodeh,wah ini kesukaan ibuku,hampir tiap hari bikin sayur lodeh pengen nangis rasanya,katanya sih kalau sudah sepuh sukanya makan yang bumbunya terasa (kroso kalau Orang Jawa bilang) apa kalian ada yang kayak aku bosen sayur lodeh?
Lodeh itu kan ada santannya,ada petenya,atau kadang kalau bukan pete ya yang sebangsa yaitu ale,seperti kecambah tapi besar dan topinya cokelat dan aromanya seperti pete. Nah, aku dulu pernah sahur makan lodeh, waduh bener banget aku rasanya cepat haus,lemes,dan yang pasti aroma pete itu gak bisa hilang dimulut padahal sudah sikat gigi,kumur air penyegar. Sama halnya dengan kita sahur nasi goreng sama kayak gitu kasusnya hehe. Jadi, aku sudah gak mau kalau sahur makan yang berminyak, bersantan.

Jadi,aku pilih dhe resep sayur asem, sayur asem itu ada 2 sayur asem bening dan sayur asem bumbu, kok bisa,yuk simak, tapi kebetulan aku lagi bikin sayur asem bumbu,jadi gambarnya sayur asem bumbu.

  1. SAYUR ASEM BENING

    Bahan:
    * Kacang Panjang
    * Krai (sebangsa timun)
    * Kangkung
    * Kubis
    * Dele
    Bumbu
    * Gula
    * Garam
    * Bawang merah 4biji iris-iris
    * Bawang putih 2biji iris-iris
    * Laos/lengkuas memarkan
    * Daun salam 2 lembar
    * Asem klungsu atau kalau gak ada bisa pakai belimbing wuluh iris iris
    * Cabai merah besar (optional) untuk tampilan agar cantik ada merahnya iris tipis serong
    Cara Memasak :
    Jangan lupa semua bahan dicuci ya. Langkah pertama siapkan air dalam panci masukkan bawang merah,bawang putih,daun salam,lengkuas,cabai merah,dan asam/belimbing wuluh.
    Setelah mendidih pindahkan asam bersama kuah sedikit ke dalam mangkok lalu hancurkan, masukkan kembali air asam ke dalam panci,jika dirasa sudah cukup asamnya(kecutnya),buang asam yang hancur tadi,lalu masukkan gula,garam,lalu sayur yang agak keras dulu ya yang masuk seperti kacang panjang,dele,krai. Jika sudah setengah matang,masukkan kangkung,kubis. Selesai

  2. SAYUR ASEM BUMBU

    sayurasem.jpg

    sayur asem bumbu;ada kacang tanah,jagung,kubis,krai

    Bahan :
    * Kacang Panjang
    * Krai (sebangsa timun)
    * Kangkung atau bisa pakai daun ketela
    * Kubis
    * Dele
    * Kacang tanah
    * Jagung (1 jagung potong jadi 3 atau 4)
    Bumbu :
    Semua bumbu dihaluskan/diulek
    * Bawang merah
    * Bawang putih
    * Kemiri
    * Cabai merah besar
    * Cabai rawit (optional)
    * terasi
    * Laos,asam,Daun salam tidak diulek
    Cara Memasak :
    Masukkan bumbu yang sudah diulek dalam panci yang dipanaskan,lalu jika sudah mendidih masukkan sayur yang lebih lama matang yaitu jagung,kacang tanah,kacang panjang,krai dan juga dele, laos,asam,dan daun salam.
    Lalu masukkan gula,garam,koreksi rasa.
    Masukkan kangkung/daun ketela,kubis jika yang sebelumnya sudah setengah matang. Selesai.

    Buat para bunda muda bisa dicoba ini resep super gampang dari ibuku. Sensasi ceplus – ceplus ada pada kacang tanah dan jagung, hmm yummy.
    Sekian ya resep dari aku.

salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s