Kupang-Jelajah makanan Sidoarjo

ImageKupang merupakan sejenis kerang kecil yang hidup dilumpur air asin, bentuknya mirip dengan kerang, tetapi ukurannya lebih kecil, diameternya sekitar 4cm, warna tubuhnya kelabu.

Kupang hidup menempel pada tumbuhan air yang bersifat tenang. Oleh para nelayan, kupang ditangkap dengan alat yang sederhana, yaitu dengan menyabit rerumputan air yang banyak dihuni kupang.

Setelah kupang telah didapat maka kupang dpisahkan dari cangkangnya dengan cara merebus. Setelah direbus maka isi kerang kecil ini akan keluar, dan terpisah dari cangkangnya.

Di Jawa Timur penangkapan kupang ini bisa ditemui didaerah pesisir utara antara lain di pantai Sidoarjo, dan Pasuruan. Cara memasak kupang juga sangat mudah, hanya dicuci bersih, direbus dengan air sampai matang. Masyarakat Jawa Timur lebih akrab menyebut kuliner ini dengan kupang lontong

Kupang lontong disajikan dengan kuah, dan bumbu yang digunakan berupa: bawang putih yang diiris tipis-tipis (digoreng), cabe, dan petis (terbuat dari udang yang dihaluskan),kemudian digerus dengan sendok diatas piring yang akan disajikan. Sesudah digerus akan diencerkan dengan membubuhi sedikit kuah rebusan kupang, di tambahkan irisan lontong diatasnya kemudian ditambah dengan lentho (campuran singkong parut, kacang dele, kelapa parut, dan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, gula).

Kupang yang sudah direbus matang selanjutnya disiramkan diatasnya beserta kuahnya, terakhir ditaburi dengan bawang goreng. Kupang ini akan lebih lengkap apabila disantap dengan sate kerang, dan untuk pelengkapnya kerupuk kupang

Ada beberapa orang yang alergi  kupang lontong,untuk menetralisirnya dengan minum es kelapa muda (degan). Di Jawa Timur banyak kita temukan penjual kupang dengan cara disuwun (ditaruh di atas kepala).

Di Sidoarjo tepatnya di kawasan Pujasera Gedangan terdapat khusus tempat makan kupang, wisata kupang tepatnya,karena semua pedagang yang ada hanya menjual Lontong Kupang.

Kandungan Gizi dalam kupang :

Kadar air 75,70%, kadar abu 3,09%, protein 10,85%, lemak 2,68%, dan karbohidarat 1,02%.

Kandungan Gizi Lontong per buah :

energi 237,3 kkal, protein  2,8 g, lemak 0,1 g, karbohidrat 54,1 g, kalsium 6,7 mg,fosfor 29,3 mg, besi 0,7 mg, dan seng 0,8 mg. 

Jadi 1 porsi sudah lengkap,selain bisa makan enak,gizinya juga cukup ditambah segarnya es kelapa muda (degan).

 

http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi/

Jelajah Gizi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s