Ublik | Lilin

Ublik dan Lilin… sama2 penerang dalam kegelapan, sama2 pelita yang menghasilkan sebuah kilauan pendar cahaya yang membuat suasana sangat syahdu, lembut dan tenang….. hmmm saat lampu mati kita akan menyalakan lilin namun sebelum ada lilin ublik masih digunakan dan mungkin sampai saat ini di beberapa desa yang belum atau memang lebih nyaman dengan ublik. Seiring perkembangan per-lilinan ๐Ÿ™‚ banyak lilin yang mempunyai bentuk aneka ragam mulai bentuk hati, orisinil, bunga bahkan sepatu dan fungsi nya juga tidak hanya sebagai penerang dalam kegelapan, karena kita bisa jumpai banyak lilin yang beraneka bentuk dan warna tersebut dijadikan sebagai souvenir pernikahan dan banyak pula lilin aromaterapi yang memiliki aroma untuk penenang dari kepenatan aktivitas dan sebagai pengharum ruangan…. kita bisa nyalakan (bakar) lilin aromaterapi dengan beragam aroma diantaranya: lemon, lavender, mawar, melati dsb.


Hmm bila lilin mengalami perkembangan yang pesat, mungkin bisa dikatakan demikian juga dengan ublik, dulu yang fungsinya hanya sebagai penerang dalam kegelapan khususnya zaman dulu dan di desa2 dan bentuknya hanya itu2 saja. Ublik yang terdiri dari Semprong (penutup) dan tempat gas sebagai energi yang menhasilkan cahaya dan sebenarnya tak beda dengan kompor,ย  Tapi, kini ditangan para orang kreatif ublik yang dikenal barang kuno bisa diubah menjadi souvenir yang lucu, imut dengan beragam warna dan tentunya bentuk yang tidak monoton karena sebagai souvernir biasanya ublik memiliki ukuran yang cenderung lebih imut/kecil karena yang kecil memang imut hehehe…. dan bila ublik hanya polosan seperti itu, dengan hanya balutan pita disekelilingnya bisa membuat ublik yang terkesan menjadi manis, dan dengan adanya souvenir ublik kita bisa mengerti dan memahami bahwa itu adalah lentera masa lalu kita sebelum adanya listrik.

Aku menjadi ublik dan Kau menjadi lilin….. sama2 menjadi sama dan sama2 menjadi penerang….. untuk selamanya…. sama2 menjadi pelengkap tanpa mengurangi rasa kasih karena kita adalah sama ๐Ÿ™‚

Iklan

One thought on “Ublik | Lilin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s